Ternyata Tanggamus menyimpan 669 Ribu Ton Emas || Silahkan Share

PT Natarang Mining secara resmi mulai melakukan penambangan emas di lokasi tambang yang memiliki kandungan 669 ribu ton di Way Linggo, Kecamatan Bandar Negeri Semoung, Kabupaten Tanggamus.


"Cadangan terukur tambang tersebut memiliki kandungan emas sebesar 669 ribu ton," kata Presiden Direktur PT Natarang Mining Heriansyah ketika dihubungi melalui telepon, Selasa (2/11).
Heriansyah mengungkapkan,dari jumlah itu kadar rata-rata emas yang terkandung dalam satu ton batu sebanyak 8,9 gram. "Satu ton batu memiliki kadar emas rata-rata sebesar 8,9 gram. Kalau mau tahu kandungan kadar total tinggal dijumlahkan saja 669 ribu ton dikali 8,9 gram," katanya.
PT Natarang Mining akan melakukan penambangan di lahan seluas dua hektare dengan kedalaman 150 meter. Selain emas, ungkap Heriansyah, dalam satu ton batu juga memiliki kadar perak rata-rata 147 gram.
"Kami akan melakukan penambangan sesuai dengan umur tambang. Kami memperkirakan umur tambang akan selama enam tahun," kata Heriansyah.
Setelah berhasil menambang emas, PT Natarang Mining tidak langsung menjual logam mulia tersebut. Heriansyah mengatakan, emas hasil penambangan akan terlebih dahulu dimurnikan sebelum dijual ke pasaran. "Kami akan jual emas tersebut sesuai dengan harga pasar," ujarnya.
Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung Piter Dono mengatakan, PT Natarang Mining akan melakukan penambangan selama enam tahun sesuai dengan kandungan emas.
"Kontrak akan dilaksanakan selama enam tahun. Kontrak dilakukan langsung pemerintah pusat karena mereka PMA (penanaman modal asing)," tutur Piter.
Dari kegiatan penambangan Pemprov Lampung akan mendapatkan royalti bagi hasil dari pemerintah pusat. "Kami tidak mendapatkan keuntungan langsung. Kami hanya mendapatkan royalti dari pemerintah pusat," katanya.(*)
Editor: Tjatur Wisanggeni
http://m.tribunnews.com/bisnis/2010/11/03/tanggamus-simpan-669-ribu-ton-emas

0 Response to "Ternyata Tanggamus menyimpan 669 Ribu Ton Emas || Silahkan Share "

Post a Comment